Tips Memilih Sekolah Anak yang Baik bagi Si Ibu yang Sibuk Bekerja

Menjadi working mom maupun ibu rumah tangga di jaman yang modern ini seharusnya sudah tidak diperdebatkan lagi. Semuanya memiliki kebebasan masing-masing dalam menjalani hidup dan pastinya setiap ibu sudah memikirkan ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Saat anak sudah mulai memasuki usia sekolah, tentu saja Anda semakin berfikir untuk memberikan pendidikan yang terbaik.


Tak hanya itu saja, sebagai wanita karir yang tentunya memiliki banyak kesibukan membuat Anda harus memilih sekolah yang sesuai dengan keadaan Anda dan anak. Bagi Anda yang working mom dan sedang kebingungan mencari sekolahan yang tepat, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menemukan sekolahan yang baik.

Tips Memilih Sekolahan Yang Baik Bagi Anak Untuk Ibu Yang Sibuk Bekerja

Dengan sibuknya pekerjaan Anda, tentu saja waktu yang ada untuk anak menjadi berkurang. Oleh karena itu Anda harus mengimbanginya dengan memilih sekolah seperti berikut ini :

1. Memiliki fasilitas full day school

Dengan memilih full day school tentu saja akan membantu Anda untuk merasa tenang saat bekerja karena anak di sekolah hingga sore. Selain itu kegiatan full day school dilaksanakan dengan tujuan yang baik bagi anak tanpa menghilangkan waktu bermain mereka tentunya. Jadi ibu bisa terbantu dengan adanya full day ini dan anak juga dalam pengawasan orang yang tepat.


2. Mempertimbangkan fasilitas dan lingkungan sekolah

Sebelum memilih sekolah, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu tentang fasilitas yang ada dan juga lingkungannya. Usahakan untuk memilih yang terbaik berdasar kebutuhan Anda dan didikan yang Anda inginkan untuk anak. Sekolah akan memberikan nilai plus dan membantu tugas Anda dalam mendidik anak saat waktu yang Anda miliki cukup terbatas.

Pilih juga lingkungan sekolah yang bisa membuat anak tumbuh dengan lebih baik kepribadiannya. Karena banyaknya waktu yang dihabiskan di sekolah, berinteraksi dengan teman dan pembimbing akan ikut berperan serta membentuk kepribadian anak. Hindarkan anak dari lingkungan yang kurang sehat dan membuatnya bertingkah laku atau berucap tidak baik.

3. Memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak

Yang tidak kalah penting dalam memilih sekolah adalah menyesuaikan dengan kebutuhan anak. Sebagai orang tua pastinya Anda sudah cukup paham bakat dan minat anak Anda. Oleh karena itu, pilihlah sekolah yang sesuai dan dapat membantunya berkembang dengan maksimal. Jangan gunakan keegoisan Anda untuk memilih sekolah hanya berdasarkan dengan apa yang Anda sukai saja.

4. Ajak anak untuk survey ke sekolah yang akan dijadikan pilihan

Untuk melakukan pendekatan kepada anak dan calon sekolahnya, cobalah untuk mengajak anak survey ke sekolah yang akan dipilih. Biarkan anak ikut berperan serta dalam menentukan pilihan sehingga nantinya merasa nyaman dan tidak terpaksa saat bersekolah.

Beberapa tips tadi bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mendapatkan sekolah yang baik. Ambillah kesepakatan sehingga anak bersekolah dengan penuh semangat. Dengan anak yang nyaman dan senang tentu saja Anda juga akan lebih tenang dalam bekerja.