Yakin Kampus Itu Murah? Yuks Kita Buktikan Kontrakan di sekitar

Perihal murah atau mahalnya sebuah barang atau jasa biasanya akan menjadi bahan diskusi banyak orang. Hal ini tidak terkecuali bagi harga kontrakan. Mahal atau murahnya kontrakan akan selalu menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi calon penyewa. 


Rumah kontrakan merupakan salah satu produk properti yang cukup tinggi peminatnya, terutama bagi mahasiswa. Tidak jarang para mahasiswa mencari kontrakan dekat kampus karena lebih dekat berarti lebih mudah menjangkau kampus sehingga hemat waktu. Lalu pertanyaannya, apakah kontrakan di sekitaran kampus itu murah? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi mahal atau murahnya sebuah kontrakan.

4 Pertimbangan Yang Mempengaruhi Harga Kontrakan

Faktanya, mahasiswa memang banyak yang mencari kontrakan dekat degan kampus. Namun banyaknya permintaan seperti ini tidak menjamin murahnya kontrakan, apalagi yang lokasinya paling dekat dengan kampus. Karena soal harga, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk menentukan mahal atau murahnya sebuah kontrakan. Ketahui hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan.


Lokasi

Lokasi menjadi faktor utama dalam menentukan harga. Anda tentu memahami sebuah hukum permintaan bahwa semakin strategis suatu properti, maka permintaan akan semakin besar. Ini artinya bahwa semakin dekat dengan suatu fasilitas umum, maka rumah kontrakan akan semakin mahal.

Untuk membuktikan bahwa lokasi bisa mempengaruhi harga, bisa dengan membandingkan dua rumah kontrakan yang mana memiliki fasilitas hampir sama namun berbeda lokasi. Hasilnya, harga rumah kontrakan yang dekat dengan kampus pasti akan lebih mahal. 

Rate

Pertimbangan selanjutnya adalah mengenai rate. Tahukah Anda jika sebenarnya capitalization rate rumah kontrakan jauh lebih murah? Dengan mengetahui capt rate rumah kontrakan, sebenarnya Anda bisa menentukan harga yang sewa yang wajar.

Cara mengetahuinya yaitu dengan mengalikan capt dan harga beli rumah. Hasil dari perhitungan ini adalah biaya kontrak selama setahun. Kemudian, bandingkan dengan harga yang ditawarkan pemilik rumah. 

Fasilitas

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah mengani fasilitas. Sesuai hukum yang berlaku, fasilitas yang semakin baik maka harga akan lebih mahal. meskipun mahal, namun biasanya orang akan menyebut murah jika harga yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

Ketika Anda akan membandingkan harga antara dua kontrakan, perlu juga untuk membandingkan fasilitas yang ditawarkan. Ini meliputi kamar, ruang tamu, layanan umum dan lain-lain. Untuk itu, perlu meninjau lokasi rumah yang akan dikontrak guna melakukan perbandingan. 

Tambahan

Selain ketiga faktor di atas, untuk membandingkan mahal atau murahnya harga kontrakan, perlu mempertimbangkan beberapa hal tambahan. Salah satunya adalah mengenai biaya lain seperti biaya air, listrik, internet, keamanan atau biaya lainnya. Efisiensi waktu untuk pergi ke kampus juga layak diperhitungkan. Seperti kata pepatah bahwa waktu adalah uang, bahkan pemilik kontrakan pun biasanya menawarkan harga dengan pertimbangan ini.

Dari beberapa pertimbangan di atas, Anda bisa menentukan apakah rumah kontrakan dekat kampus berharga lebih murah atau lebih mahal. Jika ditinjau dari lokasi, fasilitas dan capt, harganya memang lebih mahal.

Namun jika mempertimbangkan efisiensi waktu dan fasilitasnya, bisa jadi harganya sesuai dengan apa yang didapat. Jadi meskipun mahal secara materi, namun termasuk layak didapatkan.

Jika Anda ingin membandingkan, bandingkan dari semua aspek yang disebut di atas secara terperinci. Untuk hasil yang lebih akurat, bandingkan kontrakan dekat kampus dan kontrakan yang jauh dari kampus dengan fasilitas yang hampir sama. Dengan begitu, Anda bisa membuktikan sendiri jika harga kontrakan dekat kampus pasti akan lebih mahal, terlepas dari semua fasilitas yang ditawarkan.